Bentuk-bentuk Interaksi Orang Tua Dalam Pendidikan

Selain peran orang tua, ada berbagai macam bentuk atau cara keterlibatan orang tua yang
salah satunya mendorong dan meningkatkan prestasi belajar anak, antara lain sebagai berikut :
1.   Menyediakan fasilitas belajar seperti: adanya ruangan belajar memenuhi persyaratan agar dapat digunakan untuk belajar. Cukup cahaya, adanya sirkulasi udara yang baik dalam ruangan belajar,mempunyai perabotan untuk belajar seperti : meja belajar dan kursi belajar. Adanya buku-buku pelajaran, baik buku-buku wajib ataupun buku-buku penunjang pelajaran dan lain-lain.
2.   Mengawasi kegiatan belajar anak di rumah akan menjadi suatu keuntungan besar sekiranya para orang tua dapat mengawasi kegiatan anak belajar di rumah seperti :    
a.  Mengingatkan anak untuk mengerjakan PR
b. Mengingatkan/mendampingi anak mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh guru di sekolah.
c. Menganjurkan anak agar setiap membaca materi pelajaran dibuat ringkasannya supaya mudah diingat.
d. Mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah. Belajar haruslah teratur sesuai dengan waktu-waktu yang telah diatur sendiri. Karena itu perlu membagi waktu yang seefisien mungkin dan janganlah belajar seenaknya saja tanpa rencana. Tentukan terlebih dahulu apa yang akan harus dicapai dan ditemukan dalam waktu belajar satu atau dua jam. Perlu diingat bahwa belajar yang terlalu lamapun tidak efektif dan hanya membuang-buang waktu. Dalam penggunaan waktu belajar awali dulu dengan yang mudah baru ke yang sulit.
3.   Mengenal kesulitan-kesulitan anak dalam belajar
a.   Kesulitan yang datang dari dalam diri si anak, seperti: mata cepat lelah
apabilalama membaca buku pelajaran, adanya kelainan pada mata, dll.
b. Kesulitan yang datang dari luar diri si anak, seperti: buku-buku pelajaran yang    tidak lengkap dan lain-lain, ruangan belajar yang tidak nyaman, bising, panas/pengap, kurang cahaya/udara. Kesemuanya itu dapat mempengaruhi prestasi belajar.
Selain hal tersebut di atas, bentuk interaksi sekolah dengan orang tua dapat berupa:Adanya buku penghubung yang bisa menjembatani kesinambungan kegiatan di sekolah dengan orang tua.  Pada buku penghubung terdapat agenda peserta didik, catatan guru dan catatan orang tua, 

0 Response to "Bentuk-bentuk Interaksi Orang Tua Dalam Pendidikan"

Post a Comment