INTERAKSI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN

A.  Peran Keterlibatan Orang Tua
Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam masyarakat, karena dalam keluargalah manusia dilahirkan, dan berkembang menjadi dewasa. Bentuk dan isi serta cara-cara pendidikan di dalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya watak budi pekerti dan kepribadian tiap-tiap manusia. Pendidikan yang diterima dalam keluarga inilah yang akan digunakan oleh anak sebagai dasar untuk mengikuti pendidikan selanjutnya di sekolah.
Tugas dan tanggung jawab orang tua dalam keluarga terhadap pendidikan anak- anaknya lebih bersifat pendidikan watak dan budi pekerti, latihan keterampilan dan pendidikan sosial, seperti tolong menolong, bersama-sama saling menjaga kebersihan rumah, menjaga kesehatan dan sejenisnya selain membimbing anak dalam belajar.
Ada sebuah contoh/ilustrasi yang menggambarkan betapa pentingnya peran orang tua terhadap anak dalam keteladanan  bersikap dan bertutur kata :
Pernah suatu ketika saya menumpang pulang dari sekolah bersama wali murid, dalam     mobil yang ber-AC anak kecilnya yang belum sekolah membuka kaca jendela untuk melihat pemandangan di luar, si Bapak pun langsung memarahinya dan berkata : ”Bodoh kamu, kalau AC nyala jangan buka jendela!”, si Anak pun langsung menyahutnya: “Bapak yang bodoh.
Ada satu kisah lagi yang tidak patut ditiru.Pada saat berangkat kerja, saya melihat seorang anak kecil memakai seragam sekolah sedang menangis karena terjatuh dari motor. Ia  berangkat ke sekolah diantar bapaknya.Tragisnya si Bapak membiarkannya bangun sendiri dari tempatnya terjatuh dan asyik merokok di atas motor.Sungguh seorang bapak yang tidak memiliki rasa empati.

Dari dua kisah  di atas tampak ironis dengan apa yang guru ajarkan di sekolah. Kata-kata sopan hingga  sikap tanggung jawab tidak lagi dipakai di luar lingkungan sekolah, mana mungkin terbentuk karakter dari jiwa suci seorang anak. Sekolah hanyalah penunjang pendidikan seorang anak, orang tualah yang mempunyai peran utama dalam mendidik anaknya, maka peran sekolah bukan hanya untuk anak tapi juga untuk orang tuanya. Dari sinilah kerjasama dianggap perlu bagi sekolah terhadap orang tua guna mewujudkan sinergi antara orang tua, anak dan sekolah.

0 Response to "INTERAKSI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN"

Post a Comment