Filosofi keterlibatan orang tua dan peserta didik dalam pembelajaran

Filosofi keterlibatan orang tua dan peserta didik dalam pembelajaran, tidak lepas dari besarnya ketergantungan  anak-anak terhadap orang tuanya, tanggung jawab utama mendidik anak adalah pada kedua orang tuanya. Guru adalah orang tua kedua bagi anak di sekolah. Untuk keberhasilan pendidikan anak di perlukan keselarasan antara guru dan orang tua baik di rumah maupun di sekolah. Partisipasi orang tua peserta didik sangat signifikan dalam membantu meningkatkan mutu pembelajaran yaitu berupa dukungan materi maupun nonmateri sehingga berdampak pada keberhasilan peserta didik. Setiap partisipasi yang dilaksanakan bisa menampung ide-ide dari masyarakat khususnya orang tua peserta didik dan juga peran tanggung jawab bersama antara sekolah dan orang tua peserta didik seiring perkembangan zaman (teknologi).

Partisipasi orang tua peserta didik dalam pembelajaran melalui komite kelas. Yaitu organisasi wali peserta didik di tingkat kelas sebagai wadah kerjasama antara wali peserta didik dan sekolah dalam rangka mendukung keberhasilan pendidikan peserta didik. Komite kelas dibentuk oleh orang  tua/wali peserta didik bersama dengan sekolah pada setiap awal tahun pelajaran dengan struktur kepengurusan meliputi ketua, sekretaris, dan bendahara. Adapun wali kelas berperan sebagai pendamping sekaligus wakil dari sekolah dalam berkoordinasi/bermusyawarah. Pembentukan komite kelas dilatarbelakangi oleh keaktifan sekolah yang memahami bahwa keberhasilan pendidikan anak/peserta didik diperlukan keselarasan antara guru dan orang tua baik di rumah maupun di sekolah.


Untuk berinteraksi secara intensif selain dengan pembentukan komite, sekolah dapat membuat buku penghubung. Buku penghubung tersebut sebagai wahana dalam menjembatani berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas yang ditindaklanjuti di rumah. Dan dengan adanya panduan ini diharapkan bisa membantu orang tua dalam memahami pembelajaran di sekolah dan apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam  mendampingi putra dan putrinya selama proses belajar di rumah. 

0 Response to "Filosofi keterlibatan orang tua dan peserta didik dalam pembelajaran"

Post a Comment