Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu

Pembelajaran Terpadu merupakan model pembelajaran yang mencoba untuk memadukan beberapa pokok bahasan (Beane, 1995: 615).Model Pembelajaran Terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk dapat diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA. Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 1996: 3). Dalam arti luas pembelajaran terpadu meliputi pembelajaran yang terpadu dalam satu disiplin ilmu, terpadu antar disiplin ilmu, serta terpadu dalam dan lintas disiplin ilmu (Fogarty, 1991:xiii).
Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka, untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi peserta didik. Hal itu dimaksudkan agar peserta didik dapat memahami berbagai konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dikuasainya.
PembelajaranTematik Terpadu relevan untuk mengakomodasi perbedaan-perbedaan kualitatif lingkungan belajar, dan diharapkan mampu menginspirasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar.

      Elemen-elemen Terkait dalam Pembelajaran Tematik Terpadu
Implemementasi pembelajaran tematik terpadu menuntut kemampuan guru dalam mentransformasikan materi pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus memahami materi apa yang diajarkan dan bagaimana mengaplikasikannya dalam lingkungan belajar di kelas. Ada sepuluh elemen yang terkait dengan pembelajaran tematik terpadu, yaitu :
a.    mereduksi tingkat kealpaan atau bernilai tambah berpikir reflektif;
b.    memberkaya sensori pengalaman di bidang sikap, keterampilan, dan pengetahuan;
c.    menyajikan isi atau substansi pembelajaran yang bermakna;
d.    lingkungan yang memperkaya pembelajaran;
e.    bergerak memacu pembelajaran (Movement to Enhance Learning);
f.     membuka pilihan-pilihan;
g.    optimasi waktu secara tepat;
h.    kolaborasi;
i.      umpan balik segera;

j.      ketuntasan atau aplikasi.

0 Response to "Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu"

Post a Comment