Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Untuk dapat mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, diperlukan strategi berbentuk:  (1) pengukuhan nilai etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara; (2) pengukuhan pelaksanaan pembangunan karakter bangsa. Untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan: (a) memantapkan  hasil-hasil penyadaran mengenai pembangunan karakter bangsa serta implementasinya sehingga menjadi perilaku nyata secara perorangan maupun kolektif,  (b) meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan nilai-nilai baik karakter bangsa agar menjadi semakin kukuh jika didesain melalui perilaku konkret secara personal dan antarpersonal dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (c) meningkatkan strategi dan implementasi pembangunan karakter dengan dimantapkan melalui kegiatan nyata yang dilakukan oleh keluarga, komunitas, atau masyarakat dengan cara dan bentuk yang sesuai dengan budaya lokal, nasional, dan budaya global yang diadaptasi melalui proses akulturasi.

Dengan demikian, diharapkan terbentuknya masyarakat yang menjunjung etika dan berkemampuan tinggi dalam memanifestasikan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari. 

0 Response to "Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar"

Post a Comment