Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu

Manfaat pembelajaran tematik terpadu adalah sebagai berikut:
a.    Suasana kelas menjadi nyaman dan menyenangkan. Suasana kelas memungkinkan semua orang yang ada di dalamnya memiliki rasa kebersamaan. Misalnya, menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang tidak semestinya atau tidak benar tanpa harus menyinggung perasaan peserta didik.
b.    Menggunakan kelompok untuk bekerjasama, berkolaborasi, belajar berkelompok, dan memecahkankonflik sehingga mendodong peserta didik untuk memecahkan masalah sosial dengan saling menghargai.
c.    Mengoptimasi lingkungan belajar sebagai kunci dalam menciptakan kelas yang ramah otak (brain-friendly classroom). Aktivitas belajar melibatkan subjek belajar secara langsung, mengoptimasi semua sumber belajar, dan memberi peluang peserta didik untuk mengesplorasi materi secara lebih luas.
d.    Peserta didik secara cepat dan tepat waktu mampu memproses informasi. Proses itu tidak hanya menyentuh dimensi kuantitas, namun juga kualitas dalam mengeksplorasi konsep-konsep baru dan membantu peserta didik siap mengembangkan pengetahuan.
e.    Proses pembelajaran di kelas memungkinkan peserta didik berada dalam format ramah otak.
f.     Materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diaplikasikan langsung oleh peserta didik dalam konteks kehidupannya sehari-hari.
g.    Peserta didik yang relatif mengalami keterlambatan untuk menuntaskan program belajar memungkinkan mengejar ketertinggalanya dengan dibantu oleh guru melalui pemberian bimbingan khusus dan penerapan prinsip belajar tuntas.

h.    Program pembelajaran yang bersifat ramah otak memungkinkan guru untuk mewujudkan ketuntasan belajar dengan menerapkan variasi cara penilaian.

0 Response to "Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu"

Post a Comment