Nilai-nilai Inti Pendidikan Karakter Bangsa

Mengingat banyaknya nilai yang perlu diinternalisasikan dalam pendidikan karakter, maka diperlukan nilai inti (core value). Nilai tersebut harus diutamakan dalam implemen-tasinya di sekolah dasar tanpa mengabaikan nilai-nilai luhur yang hidup di masyarakat. Nilai-nilai inti tersebut, bersumber dari nilai-nilai Pancasila.
Nilai inti yang disarikan dari nilai-nilai Pancasila di bawah ini hanyalah contoh. Sekolah dimungkinkan dapat menjabarkan lebih banyak lagi nilai-nilai yang lain, sepanjang nilai-nilai itu potensial dapat membangun karakter luhur peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Adapun nilai-nilai inti, penjabarannya dan indikatornya disajikan dalam tabel berikut ini: 
No
Nilai Inti
Penjabaran Nilai Inti
Indikator
1
Ketuhanan Yang Maha Esa
Mencintai Tuhan, Iman dan takwa Kepercayaan, kepatuhan, pengabdian, pelayanan,
Toleransi, rukun, tidak memaksakan kehendak, meng-hargai sikap hormat pada kepercayaan yang berbeda.  
·    berdoa sebelum dan sesudah kegiatan;
·    mencintai ciptaan Tuhan;
·    mengucapkan salam;
·    menjaga kebersihan;
·    berbagi dengan sesama;
·    bekerjasama dengan teman yang berbeda agama;
·    bersedekah;
·    dan lainnya yang relevan.

2
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
Penghargaan harkat martabat manusia sebagai makhluk Tuhan, persamaan derajat, saling mencintai, tenggang rasa-tepo seliro, tidak semena-mena, peduli, merasa menjadi manusia, percaya diri, menghormati, persahabatan, kerjasama dengan bangsa lain, cinta-kasih, persahabatan, empati, hormat, santun, budi luhur, mandiri, kerja keras, disiplin, jujur, sehat, kreatif, cinta ilmu, tanggung jawab, karena Tuhan.

·    menghormati orang lain;
·   bertanggungjawab;
·    menyelesaikan tugas sekolah;
·    gemar membaca;
·    sabar antri;
·    membuang sampah pada tempatnya;
·    percaya diri;
·    berperilaku jujur dalam perkataan dan perbuatan;
·    patuh kepada pendidik dan orang tua;
·    santun dalam perkataan dan perbuatan;
·    menyayangi teman;
·    mengikuti pelajaran dengan tertib;
·    mau bekerja sama sesama kawan,
·    mencintai kawan, pendidik, dan orang tua;
·    mendengarkan kawan ketika sedang berbicara;
·    menyukai persahabatan,
·    menjenguk kawan yang sakit,
·    gemar berolah raga,
·    melaksanakan piket kelas,
·    memberi nasihat orang lain,
·    Berani mengakui kesalahan dan tidak malu meminta maaf,
·    peduli lingkungan kebersihan sekolah,
·    menjaga nama baik diri, keluarga, dan sekolah;
·    berani bertanya;
·    ramah dengan orang lain;
·    rajin belajar.
·    dan lainnya yang relevan.

3
Persatuan Indonesia
Cinta tanah air dan bangsa, nasionalisme, patriotisme, persatuan bangsa di atas kepentingan pribadi/golongan, kebersamaan,  penghargaan, kepedulian, pengorbanan, kebangaan sebagai bangsa Indonesia, perdamaian, Bhinneka Tunggal Ika, pergaulan demi persatuan bangsa.

·    tertib saat upacara bendera;
·    hormat pada bendera;
·    rukun dengan teman sekelas;
·    rukun dengan anggota keluarga dan tetangga;
·    kebanggaan menjadi warga kelas/sekolah, bangga pada kelas dan sekolah;
·    rela membantu teman yang mendapat kesulitan (kesusahan),
·    dan lainnya yang relevan.
4
Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawara-tan/Perwakilan
Kesamaan hak dan kewajiban, tidak memaksaan kehendak, musyawarah,kepentingan bersama, semangat kekeluargaan, menghargai keputusan bersama, melaksanakan keputusan bersama, demokrasi, percaya wakil rakyat, berdasar kemanusiaan, dengan semangat persatuan.

·    partisipasi dalam menyusun tata tertib kelas dan tata tertib sekolah;
·    dapat melaksanakan musyawarah kelas;
·    mau melaksanakan tugas dari ketua kelas;
·    mematuhi tata tertib sekolah;
·    menghargai pendapat teman,
·    memberi kepercayaan kepada ketua kelas untuk mengambil keputusan,
·    berpartisipasi pada pemilihan ketua kelas,
·    dan lainnya yang relevan. 

5
Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Sikap kekeluargaan dan gotong royong, adil sesama manusia, keseimbangan hak-kewajiban, hormat hak orang lain, membantu orang lain untuk mandiri, anti pemerasan,  hemat, hidup sederhana, tidak merugikan orang lain, kerja keras,  menghargai karya untuk pemerataan, keadilan sosial, kepatuhan hukum.

·    suka membantu teman yang kesulitan (kesusahan);
·    memberitahukan barang yang tertinggal/hilang;
·    melerai perkelaian;
·    menabung, tidak boros,
·    menjaga barang milik sendiri,
·    dan lainnya yang relevan.

                       

Sekolah dasar diberi kewenangan untuk mengembangkan indikator ketercapaian nilai-nilai inti di atas sesuai dengan situasi dan potensi di sekolah serta lingkungan masyarakat setempat. 

0 Response to "Nilai-nilai Inti Pendidikan Karakter Bangsa"

Post a Comment