Tujuan dan ciri pembelajaran tematik terpadu

Tujuan pembelajaran tematik terpadu adalah:
a.  mudah memusatkan perhatian pada satu tema atau topik tertentu
b.  mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama
c.   memiliki pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan
d.  mengembangkan kompetensi berbahasa lebih baik dengan mengkaitkan berbagai mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi peserta didik
e.  lebih bergairah belajar karena mereka dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti: bercerita, bertanya, menulis sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
f.    lebih  merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam konteks tema yang jelas
g.  guru  dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan bahkan lebih dan atau pengayaan.
h.  budi pekerti dan moral peserta didik dapat ditumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai dengan situasi dan kondisi.

Ciri-ciri Pembelajaran Tematik Terpadu
a.    berpusat pada anak
b.    memberikan pengalaman langsung pada anak
c.    pemisahan antara mata pelajaran tidak begitu jelas (menyatu dalam satu pemahaman dalam kegiatan)
d.    menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam satu proses pembelajaran (saling terkait antara mata pelajaran yang satu dengan lainnya)
e.    bersifat luwes (keterpaduan berbagai mata pelajaran)

f.     hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak (melalui penilaian proses dan hasil belajarnya)

0 Response to "Tujuan dan ciri pembelajaran tematik terpadu "

Post a Comment