Orang
tua dapat menilai anak melalui hasil aktivitas belajar anak di rumah bersama orang
tua apa adanya (penilaian otentik) untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan
belajar anak. Penilaian tersebut mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan
keterampilan.
Hasil
penilaian dapat diinformasikan kepada guru sebagai feedback melalui buku penghubung yang disediakan sekolah.
Pada setiap buku peserta didik terdapat
bagian ”Belajar di Rumah” yang berisi kegiatan yang harus dilakukan peserta
didik bersama orang tua. Orang tua
diharapkan peran aktifnya untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan
tugasnya.
Contoh pada kegiatan tersebut, orang tua meminta peserta
didik untuk menyebutkan nama-nama teman barunya di sekolah.
Contoh
yang dapat dilakukan orang tua :
Ø Bagaimana belajarnya hari ini di sekolah nak?
Ø Coba ingat – ingat kejadian apa saja
yang tadi dialami di sekolah?
Ø Apakah kamu sudah punya teman baru?
Ø Kalau sudah ceriterakan siapa saja
teman baru mu itu?
Ø Orang tua memberikan penilaian
terhadap apa yang telah dilakukan anaknya, dengan terlebih dahulu memberikan
pujian,agar anak lebih termotifasi untuk belajar.
Ø Orang tua menyampaikan kepada guru
hasil penilaiannya baik langsung maupun melalui buku penghubung.
Terimakasih, sangat bermanfaat tulisannya
ReplyDeleteTerimakasih, menjadi salah satu inspirasi dalam penulisan khutbah jumat tentang menghormati orang tua. Semoga menjadi amal sholeh buat penulis dan semua yang membantu menyebarkan.
ReplyDelete