Untuk dapat mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab, diperlukan strategi berbentuk: (1) pengukuhan nilai etika dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara; (2) pengukuhan pelaksanaan pembangunan karakter
bangsa. Untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan: (a) memantapkan hasil-hasil penyadaran mengenai pembangunan
karakter bangsa serta implementasinya sehingga menjadi perilaku nyata secara
perorangan maupun kolektif, (b) meningkatkan
kesadaran dan pemahaman akan nilai-nilai baik karakter bangsa agar menjadi semakin
kukuh jika didesain melalui perilaku konkret secara personal dan antarpersonal
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (c) meningkatkan strategi
dan implementasi pembangunan karakter dengan dimantapkan melalui kegiatan nyata
yang dilakukan oleh keluarga, komunitas, atau masyarakat dengan cara dan bentuk
yang sesuai dengan budaya lokal, nasional, dan budaya global yang diadaptasi
melalui proses akulturasi.
Dengan demikian, diharapkan terbentuknya masyarakat yang
menjunjung etika dan berkemampuan tinggi dalam memanifestasikan nilai-nilai
luhur budaya bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
0 Response to "Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar"
Post a Comment