Untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik,
terkait kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dapat dilakukan melalui
berbagai bentuk penilaian. Berikut diberikan contoh bentuk penilaian sesuai
dengan jenis penilaian yang dibahas pada Bab II.
A. Penilaian Kompetensi Sikap
1.
Observasi
Instrumen yang digunakan adalah format observasi yang berupa
matriks yang harus diisi oleh pendidik berdasarkan hasil pengamatan dari
perilaku peserta didik selama satu semester. Catatan perilaku peserta didik
berkaitan dengan indikator dari sikap spritual dan sikap sosial. Catatan
tersebut dibuat guru pada hal-hal menonjol atau sangat kurang sesuai dengan
indikator. Catatan tersebut dapat disusun berdasarkan kejadian waktu pada kolom
catatan pendidik. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi
penilaian kompetensi sikap untuk satu semester yang ditambah dari catatan dari
guru muatan pelajaran lain yang ada di satuan pendidikan seperti contoh
berUntuk
mengisi matrik perlu dijabarkan perilaku yang menonjol dari indikator berikut:
Indikator penilaian kompetensi spiritual
antara lain:
a. Ketaatan beribadah:
§ perilaku patuh dalam melakspeserta didikan
ajaran agama yang dianutnya;
§ mau mengajak teman seagamanya untuk melakukan
ibadah bersama
·
mengikuti kegiatan keagamaan yang
diselenggarakan sekolah
·
melakspeserta didikan ibadah sesuai
ajaran agama misal sholat, puasa
·
merayakan hari besar agama
·
melakspeserta didikan ibadah tepat
waktu
b.
Berperilaku syukur;
·
perilaku menerima perbedaan
karakteristik sebagai anugerah Tuhan,
·
selalu menerima penugasan dengan
sikap terbuka,
·
bersyukur atas pemberian orang lain
·
mengakui kebesaran Tuhan dalam
menciptakan alam semesta
·
menjaga kelestarian alam, tidak
merusak tanaman
·
tidak mengeluh
·
selalu merasa gembira dalam segala
hal
·
tidak berkecil hati dengan
keadaannya
·
suka memberi atau menolong sesama
·
selalu berterima
kasih bila menerima pertolongan
c.
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
·
perilaku yang menunjukkan selalu
berdoa sebelum atau sesudah melakukan tugas atau pekerjaan
·
berdoa sebelum makan
·
berdoa ketika pelajaran selesai
·
mengajak teman berdoa saat memulai
kegiatan
·
mengingatkan
teman untuk selalu berdoa
d.
Toleransi dalam beribadah;
·
tindakan yang menghargai perbedaan
dalam beribadah
·
menghormati teman yang berbeda agama
·
berteman tanpa membedakan agama
·
tidak mengganggu teman yang sedang
beribadah
·
menghormati hari besar keagamaan
lain
·
tidak menjelekkan
ajaran agama lain
0 Response to "CONTOH-CONTOH PENILAIAN"
Post a Comment