Mengingat banyaknya nilai yang perlu diinternalisasikan dalam pendidikan
karakter, maka diperlukan nilai inti (core
value). Nilai tersebut harus diutamakan dalam implemen-tasinya di sekolah
dasar tanpa mengabaikan nilai-nilai luhur yang hidup di masyarakat. Nilai-nilai
inti tersebut, bersumber dari nilai-nilai Pancasila.
Nilai inti yang disarikan dari nilai-nilai Pancasila di bawah ini hanyalah
contoh. Sekolah dimungkinkan dapat menjabarkan lebih banyak lagi nilai-nilai
yang lain, sepanjang nilai-nilai itu potensial dapat membangun karakter luhur peserta
didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Adapun nilai-nilai inti,
penjabarannya dan indikatornya disajikan dalam tabel berikut ini:
No
|
Nilai
Inti
|
Penjabaran
Nilai Inti
|
Indikator
|
1
|
Ketuhanan
Yang Maha Esa
|
Mencintai Tuhan, Iman dan takwa Kepercayaan, kepatuhan, pengabdian,
pelayanan,
Toleransi, rukun, tidak memaksakan kehendak, meng-hargai sikap hormat
pada kepercayaan yang berbeda.
|
·
berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan;
·
mencintai
ciptaan Tuhan;
·
mengucapkan
salam;
·
menjaga
kebersihan;
·
berbagi
dengan sesama;
·
bekerjasama
dengan teman yang berbeda agama;
·
bersedekah;
·
dan
lainnya yang relevan.
|
2
|
Kemanusiaan
yang Adil dan Beradab.
|
Penghargaan
harkat martabat manusia sebagai makhluk Tuhan, persamaan derajat, saling
mencintai, tenggang rasa-tepo seliro, tidak semena-mena, peduli, merasa
menjadi manusia, percaya diri, menghormati, persahabatan, kerjasama dengan
bangsa lain, cinta-kasih, persahabatan, empati, hormat, santun, budi luhur,
mandiri, kerja keras, disiplin, jujur, sehat, kreatif, cinta ilmu, tanggung
jawab, karena Tuhan.
|
·
menghormati orang lain;
·
bertanggungjawab;
·
menyelesaikan tugas
sekolah;
·
gemar membaca;
·
sabar antri;
·
membuang sampah pada tempatnya;
·
percaya diri;
·
berperilaku jujur dalam
perkataan dan perbuatan;
·
patuh kepada pendidik dan
orang tua;
·
santun dalam perkataan dan
perbuatan;
·
menyayangi teman;
·
mengikuti pelajaran dengan
tertib;
·
mau bekerja sama sesama kawan,
·
mencintai kawan, pendidik,
dan orang tua;
·
mendengarkan kawan ketika
sedang berbicara;
·
menyukai persahabatan,
·
menjenguk kawan yang
sakit,
·
gemar berolah raga,
·
melaksanakan piket kelas,
·
memberi nasihat orang
lain,
·
Berani mengakui kesalahan
dan tidak malu meminta maaf,
·
peduli lingkungan
kebersihan sekolah,
·
menjaga nama baik diri,
keluarga, dan sekolah;
·
berani bertanya;
·
ramah dengan orang lain;
·
rajin belajar.
·
dan lainnya yang relevan.
|
3
|
Persatuan
|
Cinta
tanah air dan bangsa, nasionalisme, patriotisme, persatuan bangsa di atas
kepentingan pribadi/golongan, kebersamaan,
penghargaan, kepedulian, pengorbanan, kebangaan sebagai bangsa
Indonesia, perdamaian, Bhinneka Tunggal Ika, pergaulan demi persatuan bangsa.
|
·
tertib saat upacara
bendera;
·
hormat pada bendera;
·
rukun dengan teman
sekelas;
·
rukun dengan anggota
keluarga dan tetangga;
·
kebanggaan menjadi warga
kelas/sekolah, bangga pada kelas dan sekolah;
·
rela membantu teman yang
mendapat kesulitan (kesusahan),
·
dan lainnya yang relevan.
|
4
|
Kerakyatan
yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawara-tan/Perwakilan
|
Kesamaan
hak dan kewajiban, tidak memaksaan kehendak, musyawarah,kepentingan bersama,
semangat kekeluargaan, menghargai keputusan bersama, melaksanakan keputusan
bersama, demokrasi, percaya wakil rakyat, berdasar kemanusiaan, dengan
semangat persatuan.
|
·
partisipasi dalam menyusun
tata tertib kelas dan tata tertib sekolah;
·
dapat melaksanakan
musyawarah kelas;
·
mau melaksanakan tugas
dari ketua kelas;
·
mematuhi tata tertib
sekolah;
·
menghargai pendapat teman,
·
memberi kepercayaan kepada
ketua kelas untuk mengambil keputusan,
·
berpartisipasi pada
pemilihan ketua kelas,
·
dan lainnya yang
relevan.
|
5
|
Keadilan
Sosial Bagi Seluruh Rakyat
|
Sikap
kekeluargaan dan gotong royong, adil sesama manusia, keseimbangan
hak-kewajiban, hormat hak orang lain, membantu orang lain untuk mandiri, anti
pemerasan, hemat, hidup sederhana,
tidak merugikan orang lain, kerja keras,
menghargai karya untuk pemerataan, keadilan sosial, kepatuhan hukum.
|
·
suka membantu teman yang
kesulitan (kesusahan);
·
memberitahukan barang yang
tertinggal/hilang;
·
melerai perkelaian;
·
menabung, tidak boros,
·
menjaga barang milik
sendiri,
·
dan lainnya yang relevan.
|
Sekolah dasar diberi
kewenangan untuk mengembangkan indikator ketercapaian nilai-nilai inti di atas
sesuai dengan situasi dan potensi di
sekolah serta lingkungan masyarakat
setempat.
0 Response to "Nilai-nilai Inti Pendidikan Karakter Bangsa"
Post a Comment