Selain
peran orang tua, ada berbagai macam bentuk atau cara keterlibatan orang tua yang
salah
satunya mendorong dan meningkatkan prestasi belajar anak, antara lain sebagai
berikut :
1.
Menyediakan fasilitas belajar seperti: adanya ruangan
belajar memenuhi persyaratan agar dapat digunakan untuk belajar. Cukup cahaya,
adanya sirkulasi udara yang baik dalam ruangan belajar,mempunyai perabotan
untuk belajar seperti : meja belajar dan kursi belajar. Adanya buku-buku
pelajaran, baik buku-buku wajib ataupun buku-buku penunjang pelajaran dan
lain-lain.
2.
Mengawasi kegiatan belajar anak di rumah akan menjadi
suatu keuntungan besar sekiranya para orang tua dapat mengawasi kegiatan anak
belajar di rumah seperti :
a. Mengingatkan anak
untuk mengerjakan PR
b. Mengingatkan/mendampingi
anak mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh guru di sekolah.
c. Menganjurkan anak
agar setiap membaca materi pelajaran dibuat ringkasannya supaya mudah diingat.
d.
Mengawasi penggunaan waktu belajar anak di rumah. Belajar haruslah teratur
sesuai dengan waktu-waktu yang telah diatur sendiri. Karena itu perlu membagi
waktu yang seefisien mungkin dan janganlah belajar seenaknya saja tanpa
rencana. Tentukan terlebih dahulu apa yang akan harus dicapai dan ditemukan
dalam waktu belajar satu atau dua jam. Perlu diingat bahwa belajar yang terlalu
lamapun tidak efektif dan hanya membuang-buang waktu. Dalam penggunaan waktu
belajar awali dulu dengan yang mudah baru ke yang sulit.
3.
Mengenal kesulitan-kesulitan anak dalam belajar
a.
Kesulitan yang datang dari dalam diri si anak,
seperti: mata cepat lelah
apabilalama
membaca buku pelajaran, adanya kelainan pada mata, dll.
b. Kesulitan yang datang dari luar diri si anak, seperti:
buku-buku pelajaran yang tidak lengkap
dan lain-lain, ruangan belajar yang tidak nyaman, bising, panas/pengap, kurang
cahaya/udara. Kesemuanya itu dapat mempengaruhi prestasi belajar.
Selain
hal tersebut di atas, bentuk interaksi sekolah dengan orang tua dapat berupa:Adanya buku penghubung yang bisa
menjembatani kesinambungan kegiatan di sekolah dengan orang tua. Pada buku penghubung terdapat agenda peserta
didik, catatan guru dan catatan orang tua,
0 Response to "Bentuk-bentuk Interaksi Orang Tua Dalam Pendidikan"
Post a Comment