Pembelajaran Terpadu merupakan model pembelajaran yang
mencoba untuk memadukan beberapa pokok bahasan (Beane, 1995: 615).Model Pembelajaran Terpadu merupakan
salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk dapat
diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD sampai
dengan SMA. Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu pendekatan
pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun
kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik
dan otentik (Depdikbud, 1996: 3). Dalam
arti luas pembelajaran terpadu meliputi pembelajaran yang terpadu dalam satu
disiplin ilmu, terpadu antar disiplin
ilmu,
serta terpadu dalam dan lintas disiplin
ilmu
(Fogarty, 1991:xiii).
Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan dengan
menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu menggunakan tema
sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran
sekaligus dalam satu kali tatap muka, untuk memberikan pengalaman yang bermakna
bagi peserta didik. Hal itu
dimaksudkan agar peserta didik dapat memahami berbagai konsep yang mereka
pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain
yang telah dikuasainya.
PembelajaranTematik Terpadu relevan untuk mengakomodasi
perbedaan-perbedaan kualitatif lingkungan belajar, dan diharapkan mampu menginspirasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman belajar.
Elemen-elemen Terkait dalam Pembelajaran
Tematik Terpadu
Implemementasi
pembelajaran tematik terpadu
menuntut kemampuan guru dalam mentransformasikan materi pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus memahami
materi apa yang diajarkan dan bagaimana mengaplikasikannya dalam lingkungan
belajar di kelas. Ada sepuluh elemen yang terkait dengan pembelajaran tematik terpadu, yaitu :
a. mereduksi tingkat kealpaan atau bernilai
tambah berpikir reflektif;
b. memberkaya sensori pengalaman di bidang
sikap, keterampilan, dan pengetahuan;
c. menyajikan isi atau substansi
pembelajaran yang bermakna;
d. lingkungan yang memperkaya pembelajaran;
e. bergerak memacu pembelajaran (Movement to Enhance Learning);
f. membuka pilihan-pilihan;
g. optimasi waktu secara tepat;
h. kolaborasi;
i. umpan balik segera;
j. ketuntasan atau aplikasi.
0 Response to "Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu"
Post a Comment