Tujuan pembelajaran
tematik terpadu adalah:
a. mudah memusatkan perhatian pada satu tema
atau topik tertentu
b. mempelajari pengetahuan dan mengembangkan
berbagai kompetensi mata pelajaran dalam tema yang sama
c. memiliki pemahaman terhadap materi
pelajaran lebih mendalam dan berkesan
d. mengembangkan kompetensi berbahasa lebih
baik dengan mengkaitkan berbagai mata pelajaran lain dengan pengalaman pribadi
peserta didik
e. lebih bergairah belajar karena mereka
dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, seperti: bercerita, bertanya, menulis
sekaligus mempelajari pelajaran yang lain.
f. lebih
merasakan manfaat dan makna belajar karena materi yang disajikan dalam
konteks tema yang jelas
g. guru
dapat menghemat waktu, karena mata pelajaran yang disajikan secara
terpadu dapat dipersiapkan sekaligus dan diberikan dalam 2 atau 3 pertemuan
bahkan lebih dan atau pengayaan.
h. budi pekerti dan moral peserta didik
dapat ditumbuh kembangkan dengan mengangkat sejumlah nilai budi pekerti sesuai
dengan situasi dan kondisi.
Ciri-ciri Pembelajaran Tematik Terpadu
a. berpusat pada anak
b. memberikan pengalaman langsung pada anak
c. pemisahan antara mata pelajaran tidak
begitu jelas (menyatu dalam satu pemahaman dalam kegiatan)
d. menyajikan konsep dari berbagai mata
pelajaran dalam satu proses pembelajaran (saling terkait antara mata pelajaran
yang satu dengan lainnya)
e. bersifat luwes (keterpaduan berbagai mata
pelajaran)
f. hasil pembelajaran dapat berkembang
sesuai dengan minat dan kebutuhan anak (melalui penilaian proses dan hasil
belajarnya)
0 Response to "Tujuan dan ciri pembelajaran tematik terpadu "
Post a Comment